HPK

mesothelioma survival rates,structured settlement annuity companies,mesothelioma attorneys california,structured settlements annuities,structured settlement buyer,mesothelioma suit,mesothelioma claim,small business administration sba,structured settlement purchasers,wisconsin mesothelioma attorney,houston tx auto insurance,mesotheliama,mesothelioma lawyer virginia,seattle mesothelioma lawyer,selling my structured settlement,mesothelioma attorney illinois,selling annuity,mesothelioma trial attorney,injury lawyer houston tx,baltimore mesothelioma attorneys,mesothelioma care,mesothelioma lawyer texas,structered settlement,houston motorcycle accident lawyer,p0135 honda civic 2004,structured settlement investments,mesothelioma lawyer dallas,caraccidentlawyer,structured settlemen,houston mesothelioma attorney,structured settlement sell,new york mesothelioma law firm,cash out structured settlement,mesothelioma lawyer chicago,lawsuit mesothelioma,truck accident attorney los angeles,asbestos exposure lawyers,mesothelioma cases,emergency response plan ppt,support.peachtree.com,structured settlement quote,semi truck accident lawyers,auto accident attorney Torrance,mesothelioma lawyer asbestos cancer lawsuit,mesothelioma lawyers san diego,asbestos mesothelioma lawsuit,buying structured settlements,mesothelioma attorney assistance,tennessee mesothelioma lawyer,earthlink business internet,meso lawyer,tucson car accident attorney,accident attorney orange county,mesothelioma litigation,mesothelioma settlements amounts,mesothelioma law firms,new mexico mesothelioma lawyer,accident attorneys orange county,mesothelioma lawsuit,personal injury accident lawyer,purchase structured settlements,firm law mesothelioma,car accident lawyers los angeles,mesothelioma attorneys,structured settlement company,auto accident lawyer san francisco,mesotheolima,los angeles motorcycle accident lawyer,mesothelioma attorney florida,broward county dui lawyer,state of california car insurance,selling a structured settlement,best accident attorneys,accident attorney san bernardino,mesothelioma ct,hughes net business,california motorcycle accident lawyer,mesothelioma help,washington mesothelioma attorney,best mesothelioma lawyers,diagnosed with mesothelioma,motorcycle accident attorney chicago,structured settlement need cash now,mesothelioma settlement amounts,motorcycle accident attorney sacramento,alcohol rehab center in florida,fast cash for house,car accident lawyer michigan,maritime lawyer houston,mesothelioma personal injury lawyers,personal injury attorney ocala fl,business voice mail service,california mesothelioma attorney,offshore accident lawyer,buy structured settlements,philadelphia mesothelioma lawyer,selling structured settlement,workplace accident attorney,illinois mesothelioma lawyer

Ini Dia Perbedaan Mobil Matic dan Manual Lengkap

kali ini hadir untuk anda semua yang tentunya ingin sedikit mengetahui seperti apa sajakah keunggulan maupun kekurangan mobil matic dibandingkan dengan mobil manual. Nah, jika anda penasaran dan ingin mengetahuinya, kami akan mencoba untuk berbagi kepada rekan rekan semua pecinta dunia otomotif di Indonesia. Yang sama sama kita ketahui jika perbedaan yang terlihat pada mobil matic dan juga manual yang paling mencolok ialah sistem transmisi pada mobilnya.

Jika mobil manual yaitu dengan cara perpindahan gigi yang tentunya dilakukan secara normal menggunakan pedal kopling dan tuas kopling, namun untuk mobil matic di era yang sudah modern ini yaitu menggunakan perpindahan gigi atau sering disebut gear box untuk mobil matic.

Teknologi tansmisi otomatis pada mobil matic kini telah banyak berkembang sejak 20 tahun terakhir, tentunya kini sudah ada sekitar 3 jenis transmisi matic yang tentunya kita kenal dengan yang namanya transmisi motic Double Cluth Gearbox.

Berikut Adalah Jenis Jenis Transmisi pada Mobil Matic:

Transmisi Semi Otomatis: Ketahuilah kalau untuk sistem transmisi ini taidak menggunakan pedal kopling, akan tetapi untuk posisi gigi masih dipindahkan secara manual namun pengemudi tak perlu untuk menginjak kopling.


  • Transmisi Otomatis: sistem transmisi ini masih termasuk dalam transmisi otomatis konvensional. Sistem transmisi ini menggunakan 3 bagian penting yakni Torque Converter, planetary gear unit dan hydraulic control unit. Pada sistem transmisi ini semua komponen transmisi masuk dalam cairan / fluida (oli) yang dikenal dengan ATF (Automatic Transmission Fluid), mobil yang menggunakan transmisi otomatis fluida ini biasanya dapat dilihat dari tuas transmisi yang menggunakan tombol OD (yakni tombol pengunci untuk memindahkan posisi tuas transmisi dari posisi �P� atau parkir).

  • Transmisi Otomatis Elektronik (Triptonic): banyak dipakai pada mobil mewah seperti BMW dan Mercedes. Sistem transmisi ini sebenarnya hampir sama dengan No. 2 akan tetapi pengemudi bisa memindahkan gigi menggunakan tuas transmisi (tuas kopling), pengemudi masih memiliki pilihan untuk memindahkan gigi, yah paling tidak jika pengemudi menginginkan gigi berpindah bisa dilakukan pada mobil yang menggunakan sistem transmisi otomatis elektronic ini.



  • Continously Vatiable Transmission (CVT): sistem transmisi ini tidak memakai gigi sehingga terkesan halus dalam perpindahan gigi (karena memang tidak ada perpindahan gigi) akan tetapi hanya menggunakan rasio belt saja. Sistem transmisi CVT ini memiliki respons yang sangat kurang karena hanya memiliki 1 gigi saja, untuk akselerasi masih kalah jauh dengan transmisi otomatis biasa.
  • Sequential Manual: sistem transmisi ini bisa dioperasionalkan dengan cara manual akan tetapi memiliki mode auto yang menggunakan komputer dalam mengontrol perpindahan gigi, mobil yang menggunakan transmisi ini memiliki tuas transmisi dibalik lingkar kemudi akan tetapi tidak memiliki pedal kopling. Akselerasi mobil dengan sistem transmisi ini sangat baik bahkan lebih responsif dari transmisi manual yang dikemudikan pembalap, akan tetapi sistem transmisi sequential manual ini sering malah terlalu responsif hingga menghentak dan kurang nyaman bagi pengemudi. Sistem transmisi model ini banyak digunakan pada mobil-mobil balap seperti mobil F1 atau mobil sport besutan pabrikan besar seperti BMW, lamborghini, Ferari, dll. Sistem transmisi ini mulai ditinggalkan karena dianggap tidak nyaman.



  • Double Clutch Gearbox. Sistem transmisi ini adalah yang terbaru hingga saat ini, sistem transmisi ini sama dengan sequential manual akan tetapi memiliki 2 tuas kopling yang keduanya diatur oleh komputer sehingga memungkinkan perpindahan gigi menjadi sangat halus bahkan tak terasa (lebih halus dari transmisi otomatis) akan tetapi memiliki performa atau akselerasi lebih baik daripada mobil dengan transmisi manual.



  • Mobil matic di indonesia kebanyakan memakai no 1 (semi otomatis) sampai no 4 (CVT), sedangkan untuk no 5 dan 6 mobil di Indonesia masih belum menggunakan ini. Di bawah ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan mobil matic dibanding mobil manual.

Inilah Kelebihan Kekurangan Mobil Matic dibandingkan Mobil Manual

Kelebihan Mobil Matic

  • Praktis dikendarai, lebih mudah, lebih nyaman, tidak cepat lelah dan menyenangkan
  • Dapat diandalkan untuk jalanan macet seperti kota jakarta dan surabaya atau kota besar lainnya
  • Purna jual rata-rata lebih baik
  • Kekurangan Mobil Matic
  • Perawatan tidak boleh telat, harus ekstra (jika terjadi kerusakan habis biaya banyak)
  • Lebih sering ganti oli transmisi
  • Lebih boros bahan bakar, meskipun untuk pemakaian yang konstan (ideal) konsumsi BBMnya relatif sama dengan manual
  • Akselerasi masih kurang apalagi untuk jalan tanjakan
  • Tidak memiliki engine brake sehingga harus hati-hati menggunakan rem saat melalui track turunan yang cukup panjang yang mana kadang2 rem bisa kehilangan daya cengkram idealnya jika digunakan terus menerus (peningkatan suhu dan pemuaian cakram)
  • Teknisi masih sedikit yang paham tentang mobil ini
  • Harga beli mobil yang lebih mahal

Kelebihan Mobil Manual

  • Akselerasi lebih baik
  • Lebih sesuai dengan kebutuhan atau keinginan pengemudi
  • Lebih irit
  • Biaya perawatan dan perbaikan lebih sedikit

Kekurangan Mobil Manual

  • Lebih sulit dalam mengemudikan mobil manual (karena konsentrasi terpecah pada pedal gas dan rem atau juga dengan tuas transmisi)
  • Lebih cepat lelah mengemudikan mobil tipe ini
  • Kurang nyaman, kecuali memang orang-orang tertentu yang menginginkan sensasi hentakan mobil seperti offroader atau hoby mobil lain

Meskipun terlihat di atas bahwa mobil matic memiliki banyak kekurangan akan tetapi faktor kemudahan mengemudi, kenyamanan, kepraktisan mobil matic memiliki poin (bobot) yang besar di mata konsumen sehingga kebanyakan konsumen lebih menyukai mobil transmisi matic.

Kami rasa seperti itulah informasi terbaru yang bisa kami berikan untuk rekan rekan semua yang pada kesempata hari ini menginformasikan kepada anda semua tentang Kelebihan Kekurangan Mobil Matic dan Manual di Indonesia. Silahkan anda tunggu berita terbaru lainnya yang tentunya akan hadir setiap harinya.
Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait